Sunday 8 September 2013

New Toyota Fortuner, 'The World is Mine...'


Toyota Fortuner atau dikenal juga dengan toyota Hilux SW4 di beberapa negara, merupakan mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) medium dari Toyota yang dipasarkan oleh PT TAM sebagai pemegang tunggal merk Toyota di Indonesia. Toyota Fortuner pada dasarnya merupakan pengembangan dari Toyota Hilux pickup yang dilakukan oleh Toyota Thailand bersama dengan Toyota Jepang pada Toyota's IMV project di Thailand. Berbekal pengalaman memproduksi mobil berjenis SUV lain seperti: LandCruiser, RAV4, Sequoia, 4Runner, FJ Cruiser dan sebagainya, Toyota menghadirkan mobil berkapasitas 7 penumpang dengan desain dan spesifikasi yang cocok digunakan di jalanan dan cuaca tropis seperti Indonesia.


Toyota Fortuner pertama kali diproduksi di Thailand pada tahun 2005, namun karena ditutupnya salah satu pabrik Toyota di Thailand maka perakitan Toyota Fortuner dialihkan ke pabrik Toyota yang terletak di Karawang - Indonesia hingga sekarang.  Toyota Fortuner diproduksi dalam 2 varian bermesin bensin VVTi (2.7 L 2TR-FE / 4.0 L 1GR-FE V6) dan mesin Diesel VNT (2.5 L 2KD-FTV / 3.0 L 1KD-FTV), akan tetapi yang hadir di Indonesia hanya Fortuner bermesin bensin 2700cc (2.7 L 2TR-FE) dan Diesel (2.5 L 2KD-FTV / 3.0 L 1KD-FTV). Hal tersebut disebabkan karena peraturan perpajakan di Indonesia masih banyak ditentukan oleh besarnya kapasitas mesin suatu kendaraan.


Sejak tahun 2005 Toyota Fortuner telah mengalami beberapa kali perombakan baik di sektor mesin, interior maupun eksterior. Tepat pada tanggal 3 September 2013 lalu, PT Toyota Astra Motor kembali meluncurkan New Fortuner generasi baru. Perubahan dititik beratkan pada varian TRD karena seperti diketahui sebelumnya bahwa varian tersebut sangat diminati oleh kebanyakan konsumen di Indonesia. Varian Fortuner TRD menguasai sekitar 30% total penjualan Fortuner sejak pertama kali diluncurkan.


Detail perubahan pada New Fortuner antara lain: Daytime Running Light and New Design DVD(all type); Rear Seat Entertainment(G Lux 2.7/TRD type); TRD Radiator Grille, New Design TRD spoiler assy Front and Rear( TRD type); Alloy Wheel TRD(optional for TRD type).

No comments:

Post a Comment